Konstelasi Artistik Indonesia : Seeking Tuan Guru

Jualme.com -  INDONESIA dan Afrika Selatan akan bekerja sama dalam sebuah program seni yang ditujukan sebagai sebuah usaha fundamental untuk menjaga nilai-nilai luhur kebudayaan. Konstelasi Artistik Indonesia menyelenggarakan sebuah program residensi seni dengan fokus pada musik dan seni visual berjudul “Seeking Tuan Guru”. Program itu menyasar pemberian stimulasi dan pengakomodasian metode kreatif para seniman yang terlibat. Tercatat empat komposer Indonesia, satu komposer dan satu seniman visual dari Afrika Selatan, serta seorang videografer dari Indonesia yang dilibatkan dalam program ini.

Konstelasi Artistik Indonesia : Seeking Tuan Guru Syekh Yusuf Al-Makassari dan Syekh Imam Abdullah Al-Tidore
Tuan Guru Syekh Yusuf Al-Makassari

Kegiatan itu dilaksanakan bersama Bertha House Foundation yang diwakili oleh Nkosikhona Swartbooi. Ia merupakan Global Fellow of the Ford Global Fellowship dari Afrika Selatan. Rencananya, program itu dilaksanakan di Afrika Selatan pada 7 Februari 2023 hingga pada akhir bulan.

“Keempat seniman tradisional dari Indonesia dan kedua seniman Afrika Selatan akan berkolaborasi menghadirkan aspek-aspek sosial, ekonomi, legal, dan budaya masing-masing," terang Koordinator program Aristofani Fahmi dalam keterangan tertulis.

Seeking Tuan Guru bertujuan untuk menegaskan identitas seniman tradisional asli Indonesia dan Afrika Selatan melalui kolaborasi seni. Program itu juga bertujuan utnuk memacu keterlibatan masyarakat umum dalam memahami arti penting keberadaan seni tradisional dan nilai-nilai kemanusiaan melalui apresiasi seni dan dialog terbuka. Seeking Tuan Guru diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat global akan relevansi pengetahuan dan kebijaksanaan leluhur sebagai solusi untuk persoalan sosial saat ini dan yang akan datang.

"Kolaborasi tersebut diharapkan mampu menghasilkan karya yang dengan jujur mengetengahkan pilihan mereka untuk melakukan perjuangan melawan persoalan ketidakadilan dan kemanusiaan dalam cara-cara seni tradisional yang damai,” imbuh Fahmi

Aktivitas pada program ini berpusat pada penciptaan karya musik, visual, dan video yang dirancang untuk menyatukan komposer Indonesia dengan seniman di Cape Town, Afrika Selatan dalam sebuah wadah berisikan pilihan subjek seperti penciptaan karya seni, dialog kultural, interaksi dengan penduduk Cape Malay, serta penampilan dari seluruh peserta program.

Seeking Tuan Guru merupakan tahap pertama dari sebuah program jangka panjang oleh Konstelasi Artistik Indonesia. Tahap pertama ini akan menjadi landasan bagi tahap-tahap program selanjutnya.

Afrika Selatan dipilih sebagai lokasi residensi berdasarkan latar sejarah yang serupa serta perjuangan melawan rezim kolonial yang berdampak jangka panjang. Dua tokoh Tuan Guru asal Indonesia, Syekh Yusuf Al-Makassari dan Syekh Imam Abdullah Al-Tidore, berjuang melawan kolonialisme di Indonesia, Sri Lanka, dan Afrika Selatan dengan cara damai. Cara-cara perjuangan seperti ini kemudian menginspirasi Nelson Mandela dalam perjuangannya melawan penjajahan di Afrika Selatan. Semangat perjuangan melawan kolonialisme inilah yang mengaitkan Indonesia dengan Afrika Selatan. (OL-17)

Postingan Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Banner Promosi

banner

Unggulan

Cari Jasa Les Privat Al-Quran atau Guru Ngaji di Pekanbaru? Raudhatul Quran Solusinya

Pekanbaru, Raudhatul Quran - Sebagai seorang Muslim, mempelajari Al-Quran adalah kewajiban yang harus dilakukan. Al-Quran sebagai pedoman hidup bagi umat Islam mengandung banyak nilai dan ajaran yang penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.  Namun, tidak semua orang mampu mempelajari Al-Quran dengan mudah. Oleh karena itu, jasa les privat Al-Quran menjadi solusi yang tepat bagi mereka yang ingin belajar Al-Quran secara intensif. Les Privat Raudhatul Quran  Apa itu jasa Les Privat Raudhatul Quran? Jasa les privat Raudhatul Quran Pekanbaru adalah salah satu penyedia layanan pengajar Al-Quran yang berpengalaman dan terlatih secara khusus untuk mengajar Al-Quran dengan cara yang efektif dan efisien yang ada di Pekanbaru. Tim dari Raudhatul Quran Pekanbaru akan memberikan materi pelajaran Al-Quran yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kemampuan siswa.  Jasa les privat Al-Quran tidak hanya memberikan pengajaran mengenai bacaan Al-Quran, namun juga mengajarkan tentang ta

Riau Florist

Iklan Baris