menu melayang

Kamis, 18 November 2021

Objek Wisata Surga Tersembunyi Riau di Green Canyon Gulamo Kampar

Objek Wisata Surga Tersembunyi Riau di Green Canyon Gulamo Kampar
Sumber : Instagram / @exploreprovriau

Pekanbaru, Jualme - Jika ada Grand Canyon di AS, ada juga green canyon yang terkenal di Indonesia, yaitu Green Canyon Cijulang yang terletak di Pangandaran, Jawa Barat. 

Di Kabupaten Kampar Riau juga terdapat sungai yang keindahannya tidak kalah dengan sungai-sungai lainnya yang memiliki ngarai hijau. Namanya Green Canyon Gulamo, lokasinya berada di kawasan PLTA Koto Panjang. Lebih tepatnya terletak di wilayah Desa Tanjung Alai, Kecamatan  Koto Kampar, Provinsi Kampar, Provinsi Riau. 

Green Canyon Gulamo di Kampar terletak persis di kaki Barisan Bukit Barisan. Objek wisata Green Canyon Gulamo ini dihiasi bebatuan dengan air yang  tenang, dilengkapi dengan air terjun yang memikat.

Hijaunya  sungai yang membelah ngarai dan tebing membuat Green Canyon Gulamo seindah Grand Canyon Cijulang di Pangandaran, Jawa Barat atau Grand Canyon versi Amerika. 

Saat kita berjalan di sepanjang Sungai Gulamo, mata kita akan dipenuhi dengan pemandangan hijau dan pepohonan yang rimbun. Ada juga air terjun lokal yang mengalir  ke sungai. Keindahan Sungai Gulamo memang tak terbantahkan. Tidak heran jika Sungai Gulamo, rumah bagi Ngarai Biru Gulamo, dipadati wisatawan, terutama pada hari libur dan akhir pekan. 

Jam Buka 

Menurut informasi dari Genpi.id (18 November 2021), river cruise ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Hanya pada hari libur bank. Buka mulai pukul 9.00 pagi hingga pukul 17.00 waktu setempat. 

Tarif 

Seperti dilansir Genpi.id (18 November 2021), untuk bisa menikmati pelayaran di Sungai Gulamo ini kita harus menyewa perahu atau kano. Sewanya lumayan bagus kalau bayar sendiri. Tapi kalau dibagikan ke teman atau keluarga, rasanya lebih ringan. Biaya sewa perahu berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 600.000. 

Objek Wisata Ngarai Biru Gulamo 

Objek Wisata Ngarai Biru Gulamo memiliki banyak objek wisata dan wajib dikunjungi karena telah masuk dalam daftar Hidden Paradise oleh  Indonesia Enchantment Award tahun 2019. Membuat daftar ini sudah menjadi bukti nyata bahwa tempat ini luar biasa dari keindahan dan menawan. 

Selama perjalanan, kita akan merasakan suasana yang tenang dan segar. Disambut dengan tumbuh-tumbuhan yang rimbun di tepi danau. Batang pohon yang tenggelam juga terlihat seolah-olah sedang menghiasi perjalanan menuju kawasan wisata Green Canyon Gulamo. 

Pada tamasya ini sesekali kami bertemu  nelayan yang  mencari ikan dan penduduk yang beraktivitas di danau. 

Dalam waktu sekitar 1 jam naik perahu di danau PLTA Koto Panjang, perahu akan memasuki Sungai Gulamo. Disini kita akan melihat warna hijau cerah dari air sungai. Saat Anda melangkah ke pepohonan yang rimbun, udara semakin dingin. 

Ketika melewati sungai yang dangkal, perahu kadang-kadang akan didorong  ke sungai yang lebih dalam. Menyusuri sungai, kita akan bertemu dengan dua buah air terjun yang menjadi simbol dari Sungai Gulamo. Kita bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan di sini.

Di sini kita bisa mandi di sungai, mandi di  pancuran air terjun atau lompat dari bebatuan. Preferensi ini akan lebih terasa dan berkesan saat Anda basah-basahan di sini. Intinya, wisata ini adalah tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat berlibur. 


Blog Post

Related Post

Bersponsor

Pencarian

Bersponsor