9 Strategi Bisnis Roti yang Lagi Viral Roti Aoka

Jualme.com - Roti Aoka saat ini tengah menguncang dunia roti Indonesia dengan strategi “aggresive marketing”. Harganya cuma 2 ribuan aja. Tersedia hampir disemua toko kelontong, bahkan umurnya masih muda dibanding Sari Roti. Kita coba ulas apa strategi yg bikin mereka sukses.

9 Strategi Bisnis Roti yang Lagi Viral Roti Aoka
Roti Aoka ~ Foto : Detikcom

Tentang Roti Aoka

Sebelum kita bahas, mari kita coba kenalan dulu dengan Roti Aoka ini ya.

Roti Aoka diproduksi oleh PT Indonesia Bakery Family (PT IBF) di Cakancung Bandung.  Roti AOKA dibanderol dengan harga yang murah-meriah yaitu Rp 2 ribuan saja per bungkusnya. Tentunya harga yang murah ini membuat rotinya mendapatkan permintaan cukup tinggi dipasaran.

Salah satu keunikan dari Roti Aoka adalah masa kadaluarsa roti 3 bulan sejak tanggal produksi. Tentunya dengan masa kadaluarsa yang cukup lama ini membuat daya jelajah produk ini cukup jauh. Produksi di Bandung, tapi penjualannya bisa sampai ke kampung-kampung yang ada di Pulau Sumatra dan Jawa.

Salah satu keunikan dari Roti Aoka adalah masa kadaluarsa roti 3 bulan sejak tanggal produksi. Tentunya dengan masa kadaluarsa yang cukup lama ini membuat daya jelajah produk ini cukup jauh. Produksi di Bandung, tapi penjualannya bisa sampai ke kampung-kampung yang ada di Pulau Sumatra dan Jawa.

9 Strategi Bisnis Roti yang Lagi Viral Roti Aoka

Ini dia 8 strategi bisnis Roti Aoka yang lagi viral, yang mungkin bisa kita tiru.

~ 1. Sistem Distribusi ~

Salah satu faktor kenapa Aoka bisa meluas karena distribusinya yg masif banget. Tekniknya dengan menggunakan sistem keagenan. Meskipun itungannya pemain baru, tapi rotinya udah masuk di berbagai toko kelontong dan mini market di Indonesia. 

~ 2. Lokasi Pabrik di Bandung, Jawa Barat ~

Penduduk Jawa Barat merupakan provinsi dengan penduduk yang terbanyak di Indonesia. Selain itu pulau Jawa merupakan pulau yang paling ramai penduduknya. Pabriknya yg ada di Jawa Barat, dekat dengan konsumen di Pulau Jawa. Distribusinya mudah karena satu pulau dan infrastruktur distribusi di Pulau Jawa lebih bagus dibandingkan pulau lain di Indonesia.

~ 3. Masa kadaluarsa 3 bulan ~

Dibandingkan dengan Sari Roti yang masa kadaluarsanya kurang 1 bulan bahkan hanya beberapa hari saja. Daya jelajah produk yang masa kadaluarsa lama, tentunya lebih jauh dibandingkan dengan produk dengan masa kadaluarsa sebentar. Dibuat disatu pabrik tapi bisa memproduksi dalam jumlah banyak.

~ 4. Harganya Murah ~

Sudah pada tau lah ya, harga roti Aoka itu murah meriah. Ada beberapa varian, harganya berkisar dari 2 ribuan hingga 4 ribuan aja. Jarang sekali rasa ada roti yang bisa murah seperti ini. Harga Sari Roti aja, ga ada lagi yang harga 4 ribu. Cocok utk masyarakat Indonesia yang menengah kebawah.

~ 5. Varian Rasa yang Familiar ~

Kebanyakan roti Aoka merupakan roti yang rasanya manis. Varian roti manis ini merupakan varian yang umum dijual dan dikonsumsi orang Indonesia. Wajar jika roti Aoka ini mudah diterima konsumen dipasaran.

~ 6. Positioning Brand Roti ~

Roti Aoka menyadari bahwa Sari Roti sulit dikalahkan dipasar retail. Apalagi channel distribusi Sari Roti sudah sangat kuat yang dibantu oleh jumlah outlet Indomaret yang sudah ribuan. Pasar Sari Roti kalangan menengah atas. Roti Aoka masuk ke pasar roti dengan channel distribusi, segmen pasar dan harga yg berbeda. Jadi Roti Aoka tidak terlalu bersaing dengan produk sari Roti.

~ 7. Rotinya viral di Sosmed ~

Roti Aoka ini termasuk roti yang banyak diulas dan direview oleh content creator di Tiktok, Facebook, YouTube dan Instagram.

Efek inilah yang membuat orang semakin mengenal roti Aoka, karena mereka mendapatkan promosi gratis dari konten creator di Sosmed.

~ 8. Roti ini rejectnya minim ~

Roti Aoka sangat pandai dalam meluncurkan varian produk. Jenis roti Aoka adalah varian yang minim reject/cacat. Menurut saya ini jenius, dengan ini penjualan roti bisa lebih dioptimalkan. Harga pun bisa dimainkan menjadi lebih murah.

~ 9. Bisa langsung dimakan atau dipanggang ~

Roti Aoka merupakan roti yang unik, karena rotinya bisa langsung dimakan. Jika ingin dinikmati dalam keadaan panas, bisa juga dipanggang dulu. Tinggal oles margarin.

Kesimpulannya

Intinya, terlepas dari bagaimana pun rotinya. Roti Aoka yang unik dalam strategi bisnisnya. Meskipun bukan brand besar tapi rotinya sudah dikenal di seluruh Indonesia.

Jika ini bermanfaat.. Silahkan share ya..

Jangan lupa subscribe juga karena ngedit video ini pakai kuota😁



Postingan Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Banner Promosi

banner

Unggulan

Cari Jasa Les Privat Al-Quran atau Guru Ngaji di Pekanbaru? Raudhatul Quran Solusinya

Pekanbaru, Raudhatul Quran - Sebagai seorang Muslim, mempelajari Al-Quran adalah kewajiban yang harus dilakukan. Al-Quran sebagai pedoman hidup bagi umat Islam mengandung banyak nilai dan ajaran yang penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.  Namun, tidak semua orang mampu mempelajari Al-Quran dengan mudah. Oleh karena itu, jasa les privat Al-Quran menjadi solusi yang tepat bagi mereka yang ingin belajar Al-Quran secara intensif. Les Privat Raudhatul Quran  Apa itu jasa Les Privat Raudhatul Quran? Jasa les privat Raudhatul Quran Pekanbaru adalah salah satu penyedia layanan pengajar Al-Quran yang berpengalaman dan terlatih secara khusus untuk mengajar Al-Quran dengan cara yang efektif dan efisien yang ada di Pekanbaru. Tim dari Raudhatul Quran Pekanbaru akan memberikan materi pelajaran Al-Quran yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kemampuan siswa.  Jasa les privat Al-Quran tidak hanya memberikan pengajaran mengenai bacaan Al-Quran, namun juga mengajarkan tentang ta

Riau Florist

Iklan Baris